Cara Mudah Mengurangi Berat Badan

Berat badan????Hem….sering terlintas dalam benak kita khususnya bagi yang memiliki berat badan diatas rata-rata. Terkadang kita akan terasa malu untuk menjawab pertanyaan teman kita saat dia menanyakan berat badan kita. Banyak diantara kita yang sudah melakukan berbagai macam olahraga untuk menurunkan berat badan namun sepertinya hasilnya tidak begitu terlihat. Perlu anda ingat bahwa olahraga saja tidak ada artinya untuk menurunkan berat badan jika anda tetap tidak mengontrol apa saja yang masuk ke dalam tubuh anda alias “semua diembat”. Untuk menurunkan berat badan, sebaiknya menurunkan asupan kalori Anda per harinya. Namun, itu bukan berarti menghilangkan semua kalori di makanan Anda.

1. Konsumsilah produk susu setiap hari. Sepotong keju atau secangkir susu akan meningkatkan metabolisme Anda. Mereka yang mengurangi 500 kalori dengan mengkonsumsi yogurt 3 kali sehari berhasil mengurangi berat badannya sebanyak 6 kg dalam 12 minggu.

2. Konsumsi buah setiap hari karena kandungan dalam buah banyak dibutuhkan oleh tubuh. Seperti apel, pir, melon, jeruk, pisang.

3. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran. Sayur-sayuran terutama sayuran hijau kaya akan serat yang diperlukan oleh tubuh.

4. Berhati-hatilah dengan makanan yang berwarna putih. Makanan yang berwarna putih adalah makanan yang mengandung kalori paling banyak, seperti kentang, roti tawar, nasi, dan sebagainya.

5. Hindari kebiasaan mengkonsumsi fastfood. Kandungan didalam fastfood sangat tidak baik untuk kesehatan. Anda bukannya akan menurun berat badannya tetapi malah akan menjadi bertambah karena fastfood mengandung banyak sekali lemak, kalori, dan karbohidrat.

6. Minumlah air mineral. Cukup air akan mengurangi konsumsi kalori Anda. Tubuh terkadang salah mengartikan haus dengan lapar. Jadi dengan cukup minum Anda akan tidak mudah terserang rasa lapar. Jika minum air mineral dirasa terlalu tawar, coba tambahkan sedikit sentuhan lemon.

7. Bertingkahlah seperti anak-anak. Bermain seperti anak-anak kadang dapat membuat Anda mengurangi kalori yang sama dengan rutinitas olah raga yang Anda lakukan. Bergembiralah dan bermainlah bersama anak Anda.

8. Makanlah permen bila ingin. Dua lusin permen biasa hanya menambah sekitar 100 kalori dan dapat memuaskan keinginan Anda akan makanan manis. Jadi makanlah permen saat Anda ingin. Daripada menahannya dan membuat badan Anda benar-benar menginginkannya. Itu akan membuatnya berlebihan.

9. Sikatlah gigi Anda setiap selesai makan. Tidak hanya melindungi gigi dari kerusakan, namun menyikat gigi juga dapat menjadi salah satu cara untuk berhenti makan. Rasa yang ditinggalkan oleh pasta gigi juga akan mengurangi nafsu makan Anda. Efek yang sama juga terjadi bila Anda berkumur dengan obat kumur.

10. Usahakan agar makan terakhir tidak diatas jam 6 sore karena pada malam hari kita lebih sedikit beraktifitas sehingga makanan yang kita makan bukannya diolah menjadi tenaga tetapi malah mejadi lemak karena tidak digunakan untuk beraktifitas.

11. Berolahragalah secara teratur. Hal ini untuk menjaga kebugaran tubuh agar tubuh selalu fit setiap hari.

Dari berbagai sumber

 

Advertisements

2 responses to “Cara Mudah Mengurangi Berat Badan

    • klo bwt naikin berat badan ada banyak cara yang bisa dilakukan..
      makanlah makanan yang banyak lemak dan karbohidrat, kurangi kegiatan, perbanyak tidur, dan sering-seringlah mengemil…
      mungkin dari tips itu bisa untuk menaikan berat badan….
      hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s