Global Warming


Global warming adalah fenomena naiknya suhu muka bumi akibat peningkatan efek rumah kaca. Sinar matahari yang seharusnya dipantulkan kembali ke angkasa malah terperangkap di atmosfir karena peningkatan jumlah gas-gas tertentu. Fenomena yang disebut efek rumah kaca inilah yang membuat bumi panas.

Adapun gas-gas yang mampu memerangkap dan memantulkan radiasi matahari itu antara lain karbon dioksida, dinitro oksida, metana, dan hidro fluorokarbon. Gas-gas rumah kaca itu ada yang dihasilkan secara alami seperti dari pembusukan sampah dan kotoran ternak. Adapula yang berasal dari ulah manusia seperti asap kendaraan dan pabrik serta gas untuk pendingin udara maupun tata rambut. Dari semua gas itu emisi gas karbon dioksida-lah yang paling besar.

Celakanya, laju peningkatan jumlah gas rumah kaca berlangsung cepat. Sementara hutan sebagai penyerap karbon dioksida tidak mampu mengimbangi peningkatan tersebut. Ketimpangan ini membuat bumi semakin panas atau lebih dikenal dengan pemanasan global. Perubahan ini berlangsung perlahan namun nyata. Seperti salju abadi yang ada di puncak Gunung Jayawijaya sudah mulai berkurang luasnya. Apabila hal ini dibiarkan terus menerus kita (Indonesia) nanti tentu tidak akan memiliki lagi gunung yang tertutup salju abadi. Disini tidak hanya dibutuhkan peran pemerintah sebagai pengontrol namun juga kita sebagai masyarakat yang sangat – sangat bergantung pada alam. Untuk segera melakukan upaya dalam mengurangi dampak dari global warming. Mulai dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan adalah dengan berhemat listrik dan hemat konsumsi bahan bakar. Lampu – lampu atau pun peralatan elektronik yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan. Dan lagi kita tidak perlu meggunakan kendaraan bermotor seandainya jarak yang kita tempuh masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki ataupun dengan bersepeda. Dan hal yang sangat – sangat penting untuk kita lakukan adalah dengan menanam pohon-pohon sebagai penghijauan.

Hutan – hutan kita sudah banyak yang rusak yang diakibatkan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu kita yang menginginkan udara yang bersih dan sehat mulai mereboisasi hutan – hutan yang sudah rusak itu. Hutan adalah paru – paru bumi sehingga perlu kita jaga paru – paru bumi kita ini. Zat – zat karbon yang ada dapat diserap oleh pohon – pohon dan menjadikannya oksigen yang kita butuhkan untuk bernafas.

Advertisements

2 responses to “Global Warming

  1. itulah sebabnya kita harus mulai menyadarkan dari diri kita sendiri….
    bumi ini rumah kita,,tempat tinggal kita jika di bumi saja kita sudah tidak nyaman akan tinggal dimana lagi kita????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s