George Simmel

George simmel (Jerman)

Lahir 1858, wafat 1914

Karya-karya populernya:

  • On social differentiation the problems of the philosophy of history
  • Introduction to moral philosophy
  • The philosophy of money
  • Philosophhical culture(1911)
  • The conflict in modern culture (1918)
  • Interpretation of life(1918)
  • Introduction  to the science of sociology(1921)
  • Sociology

Ayahnya yang seorang yahudi menjadikannya termarginalisasi dalam bidang akademisi, karena pada saat itu (abad ke-19) Jerman dilanda paham anti yahudi. Namun hali tersebut tidak menyurutkan semangatnya dalam mengembangkan pengetahuan dan ilmunya

Interaksi sosial

Menurutnya masyarakat adalah suatu bentuk interaksi  yang terjalin seperti jaring laba-laba, dimana terdiri dari jaringan yang banyak lika-liku dari hubungan yang bersifat ganda diantara individu di dalam  interaksi yang konstan.

Teori tindakan, interaksi anggota yang bertumpu pada konsep-konsep dan pola-pola perilaku yang ditunjang bersama.

Bermacam-macam kebutuhan dan tujuan membuat manuasia mencari kontak dengan orang lain, misal dengan komunikasi yang memakai bahasa, simbol-simbol seperti yang telah disepakati bersama sebagai sarana. Sehingga dapat saling mempengaruhi dan kehidupan sosial akan tampak.

Bentuk-bentuk dari hubungan sosial:

–             dominasi (penguasaan)

–             subordinasi (penundukan)

–             kompetisi

–             imitasi

–             pembagian pekerjaan

–             pembentukan kelompok

Simmel mengunakan pendekatan dialektis, yang mengaitkan hubungan sosial yang dinamis dan hubungan sosial dalam konflik. Setiap fenomena sosial merupakan elemen formal yang bersifat ganda antara kerjasama dan konflik, antara superordinasi dan subordinasi, antara keakraban dan jarak sosial dimana dijalankan dalam hubungan yang teratur di struktur yang kurang lebih bersifat birokratis.

Perubahan sosial budaya masyarakat

Masyarakat terus mengalami perkembangan dan berjalan sehingga derajat homogenitas tidak dapat di pertahankan karena dengan anggota  yang semakin besar, maka kan lebih banayk orang yang memberikan berbagai9 ide dabn pendapat terhadap dasar suatu budaya dan itu berarti bahwa lebih tidak mungkin bagi setiap orang untuk mampu menerima ide-ide yang diberikan oleh semua anggota.

Masyarakat konsumtif: filsafat uang

uang tidak lagi berfungsi untuk mengukur benda tetapi untuk mengukur manusia dimana menjadi suatu nilai utama dan menjadi tuhan yang memarginalkan tuhan-tuhan yang lainnya.

Kerakusan terhadap harta menimbulakn masalah, mendorong perilaku manusia tidak ’kritis’lagi dengan tidak memperdulikan etika dan norma

Uang sebagai sebuah komponen kehidupan spesifik yanbg mampu membantu manusia 7untuk memahami totalitas kehidupan. Pertukaran ekonomi dapat dipahami sebagai8 bentuk  interaksi sosial, ketika transaksi moneter mengantikan barter, terjadi perubahan penting dalam bnetuk interaksi antar pelaku. Redusi nila-nilai manusia pun beralih ke ekspresi moneter.

”uang hanya sarana bukan  tujuan”

Konflik dan kerjasama

konflik erat kaitannya dengan berbagai proses yang mempersatukan kehidupan sosial dan bukan sekedar lawan dari persatuan. Konflik dan persatuan dapat dilihat sebagai bentuk lain dari sosialisasi. Keduanya biasa  dan merupakan interaksi yang bersifat timbal-balik.

Hubunagn manusia selalu ditandai adanya ambivalen(sikap mendua). Konflik adalah sesuatu yang esensial dari kehidupan sosial sebagai sesuatu yang tidak dapat dihilangkandalam komponen kehidupan sosial. Masyarakat bukanlah kelompomk  yang bebas dari konflik.

Advertisements

3 responses to “George Simmel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s